Pengertian
Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen merupakan studi yang
mengkaji perilaku individu dalam pengambilan keputusan pembelian barang atau
jasa.
Manfaat
Mempelajari Perilaku Konsumen
Untuk memahami dengan tepat dan cepat
akan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga dapat membantu penyusunan
strategi juga bauran pemasaran dan pemasar
dapat melakukan segmentasi pasar. Selain itu manfaat mempelajari perilaku
konsumen juga dapat dirasakan dalam ilmu lainnya seperti ilmu sosilogi untuk
mempelajari kekuatan sosial yang mempengaruhi konsumen. Ilmu antropologi untuk memahami fenomena konsumsi
ritual, mitos dan aspek lainnya. Ilmu ekonomi untuk memahami keterkaitan
anatara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen. Dan ilmu psikologi untuk
mengetahui kepribadian atau persepsi konsumen.
Perbedaan
Konsumen Menurut Tujuan Pembeliannya
Dibagi menjadi dua yaitu komsumen
akhir (individual) yang melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhannya
sendiri, dan konsumen organisasional yang melakukan pembelian untuk pemakai
industri, pedagang, serta lembaga non profit.
Lima
Peranan Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Baran dan Jasa
Pemrakasara (initiator) sebagai orang
yang menyarankan ide, pembawa pengaruh (influencer) sebagai orang yang memiliki
pandangan, pengambilan keputusan (decider) sebagai orang yang menentukan
keputusan, Pembeli (buyer) sebagai orang yang melakukan pembelian namun belum
tentu sebagai pemakai, dan pemakai (user) sebagai orang yang mengkonsumsi
barang atau jasa.
Proses
Pengambilan Keputusan
Pertama mengenali kebutuhan, tahap ini
konsumen akan merasa bahwa terdapat yang harus dipenuhi. Kedua mencari
informasi, pada tahap ini akan muncul pertanyaan apa yang terbaik untuk
memenuhi kebutuhan tersebut. ketiga mengevaluasi alternatif, pada tahap ini
informasi terkait akan menjadi pertimbangan konsumen untuk mengambil keputusan.
Keempat mengambil keputusan, setelah melakukan evaluasi konsumen akan mengambil
keputusan dengan matang. Terakhir evaluasi paska pembelian, konsumen akan
mengevaluasi atas barang atau jasa yang dibelinya.
0 komentar:
Posting Komentar