KELOMPOK REFERENSI
Kelompok referensi (reference group)
adalah seorang individu atau sekelompok orang yang secara nyata mempengaruhi
perilaku seseorang. Kelompok referensi digunakan oleh seseorang sebagai dasar
untuk perbandingan atau sebuah referensi dalam membentuk respons afektif,
kognitif, dan perilaku. Kelompok referensi akan memberikan standar dan nilai
yang akan mempengaruhi perilaku seseorang. Dalam perspektif pemasaran, kelompok
referensi adalah kelompok yang berfungsi sebagi referensi bagi seseorang dalam
keputusan pembelian dan konsumsi.
PENGARUH
KELOMPOK REFERENSI
Pengaruh
Normatif, adalah
pengaruh dari kelompok acuan terhadap seseorang melalui norma-norma sosial yang
harus dipatuhi dan diikuti. Pengaruh normatif akan semakin kuat terhadap seseorang
untuk mengikuti kelompok referensi jika ada tekanan kuat untuk mematuhi
norma-norma yang ada, penerimaan sosial sebagai motivasi kuat, dan produk dan
jasa yang dibeli akan terlihat sebagai simbol dari norma sosial.
Pengaruh
Ekspresi Nilai, Kelompok
referensi akan mempengaruhi seseorang melalui fungsinya sebagai pembawa
ekspresi nilai. Seorang konsumen akan membeli kendaraan mewah dengan tujuan
agar orang lain bisa memandangnya sebagai orang yang sukses atau kendaraan
tersebut dapat meningkatkan citra
dirinya.
Pengaruh
Informasi, Kelompok
referensi akan mempengaruhi pilihan produk atau merek dari seorang konsumen,
karena kelompok acuan tersebut sangat dipercaya sarannya, karena ia memiliki pengetahuan
dan informasi yang lebih baik. seorang dokter adalah kelompok acuan bagi para
pasiennya.
KELUARGA
Keluarga (family)
adalah kelompok yang terdiri dari dua atau lebih orang yang berhubungan melalui
darah, perkawinan atau adopsi dan tinggal bersama. Keluarga inti (nuclear
family) adalah kelompok langsung yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang
tingga bersama. Keluarga besar (extended family) mencakup keluarga inti,
ditambah kerabat lain, seperti kakek-nenek, paman dan bibi, sepupu dan kerabat
karena perkawinan.
ALASAN
KELUARGA MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN
Keluarga mempunyai
pengaruh penting dalam perilaku konsumen, yakni: Pertama, banyak produk yang
dibeli oleh konsumen ganda yang bertindak sebagai unit keluarga. Rumah adalah
contoh produk yang dibeli oleh kedua pasangan, barangkali dengan melibatkan
anak, kakek-nenek, atau anggota lain dari keluarga besar. Mobil biasanya dibeli
oleh keluarga, dengan kedua pasangan dan kerap anak remaja mereka terlibat
dalam pelbagai tahap keputusan.
PERANAN KELUARGA TERHADAP
PERILAKU KONSUMEN
Ayah, sebagai suami dari istri dan ayah dari anak-anaknya,
berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman,
sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai
anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari
lingkungannya.
Ibu, mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai
pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok
dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya,
disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam
keluarganya.
Anak-anak, melaksanakan peranan
psikosial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik, mental, sosial, dan
spiritual.
"Selamat siang Bos 😃
BalasHapusMohon maaf mengganggu bos ,
apa kabar nih bos kami dari Agen365
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Silahkan di add contact kami ya bos :)
Line : agen365
WA : +85587781483
Wechat : agen365
terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"