Kamis, 26 Maret 2020

TINDAKAN KONSUMEN

Pengenalan kebutuhan
     Pengenalan kebutuhan muncul ketika konsumen menghadapi suatu masalah, yaitu suatu keadaan dimana terdapat perbedaan antara keadaan yang diinginkan dan keadaan yang sebenarnya terjadi. Kebutuhan harus diaktifkan (activated) terlebih dahulu sebelum ia bisa dikenali (recognized). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengaktifan kebutuhan (need activation, Engel, Blackwell, dan Miniard, 1995).
1.      Waktu
2.      Perubahan Situasi
3.      Pemilikan Produk
4.      Konsumsi Produk
5.      Perbedaan Individu
6.      Pengaruh Pemasaran
Sumber Kebutuhan
     Pencarian informasi mulai dilakukan ketika konsumen memandang bahwa kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan membeli dan mengkonsumsi suatu produk.

1.    Pencarian Internal, Langkah pertama konsumen akan berusaha mengingat semua produk dan merek. Konsumen akan mendapatkan beberapa produk dan merek yang sangat dikenalnya, namun konsumen juga akan mengingat beberapa produk atau merek tetapi tidak dikenalnya secara baik. langkah kedua konsumen akan berdokus kepada produk dan merek yang sangat dikenalnya. Ia akan membagi produk yang dikenalnya tersebut ke dalam tiga kategori. Pertama adalah kelompok yang dipertimbangkan (consideration set atau enoked set), kedua adalah kelompok yang tidak berbeda (inert set), ketiga adalah kelompok yang ditolak.

2.    Pencarian eksternal, Konsumen munngkin cukup sampai pencarian internal jika apa yang dicari telah terpenuhi. Pencarian eksternal adalah proses pencarian informasi mengenai berbagai produk dan merek, pembelian maupun konsumsi kepada lingkungan konsumen. Konsumen akan membaca kemasan, surat kabar, majalah konsumen, melihat dan mendengar berbagai iklan produk.

Evaluasi Alternatif Produk
     Evaluasi alternatif adalah proses mengevaluasi pilihan produk dan merk dan memilihnya sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Pada proses evaluasi alternatif, konsumen membandingkan berbagai pilihan yang dapat memecahkan masalah yang dihadapinya. Kriteria evaluasi berisi dimensi atau atribut tertentu yang digunakan dalam menilai alternatif-alternatif pilihan. Kriteria alternatif dapat muncul dalam berbagai bentuk, misalnya dalam membeli mobil seorang konsumen mungkin mempertimbangkan kriteria, keselamatan, kenyamana, harga, merek, negara asal (country of origin) dan juga spek hedonik seperti gengsi, kebahagiaan, kesenangan dan sebagainya.

Kriteria Evaluasi
     Konsumen sering membuat keputusan berdasarkan pengaruh atau pada sikap secara keseluruhan terhadap merek atau untuk meminimalkan usaha atau emosi negatif. kriteria evaluasi biasanya fitur produk atau atribut yang terkait dengan baik manfaat yang diinginkan oleh pelanggan atau biaya yang harus mereka keluarkan. Jenis kriteria evaluatif digunakan dalam keputusan bervariasi dari segi biaya nyata dan kinerja untuk faktor intangible seperti gaya, rasa, prestise, perasaan yang dihasilkan, dan citra merek. Pemasar harus memahami kriteria yang digunakan konsumen untuk mengevaluasi merek mereka.

Seleksi dan Pembelian Produk
     Sebelum memutuskan pembelian produk konsumen akan menyeleksi produk mana yang akan dia beli dan yang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginannya. Pada proses ini terdapat beberapa tahapan yaitu:
Pengenalan MAsalah
Pencarian Informasi
Evaluasi Alternatif
Keputusan Pembelian

Pasca Komunikasi Produk
     Setelah pembelian dilakukan, konsumen akan selalu siaga terhadap informasi yang mendukung keputusannya. Jika konsumen merasa puas maka ia akan menunjukkankemungkinan yang lebih tinggi untuk membeli produk itu lagi. konsumen yang merasa puas cenderung akan mengatakan hal-hal yang baik mengenai suatu produk terhadap orang lain. sebaliknya apabila konsumen merasa tidak puas, maka akan memungkinkan ia melakukan salah satu dari dua tindakan ini yaitu: membuang produk atau mengembalikan produk tersebut atau mereka mungkin berusaha untuk mengurangi ketidakpuasan dengan mencari informasi yang mungkin memperkuat nilai produk tersebut. Sedangkan Louden mengungkapkan apabila konsumen mengalami ketidakpuasan ada beberapa kemungkinan hasil yang negatif akan muncul yaitu:
1.    Konsumen akan menunjukkan ketidakpuasannya ucapan atau komunikasi yang tidak baik.
2.    Konsumen mungkin tidak akan membeli lagi produk tersebut
3.    Atau konsumen akan mengeluh

0 komentar:

Posting Komentar