Senin, 01 Januari 2018

APA SIH MANFAAT JERAMI?

         Dapat kita ketahui setelah panen padi pastinya akan menyisakan limbah yang disebut jerami. Para petani memiliki kebiasaan setelah panen mereka malah membakar jerami tersebut. Padahal membakar jerami. memiliki dampak buruk terhadap lingkungan. Jerami yang dibakar akan menimbulkan asap yang mengepul di udara dan hal tersebut dapat berakibat polusi udara. Dan juga jerami yang di bakar dapat mengurangi unsur hara dalam tanah persawahan tersebut.
          
          Oleh karena itu petani harus lebih pandai memanfaatkan jerami. agar tidak memberikan dampak buruk terhadap lingkungan dan juga tidak memberi dampak buruk terhadap persawahannya sendiri.  jerami-jerami tersebut dapat dimanfaatkan menjadi hal hal yang bermanfaat. seperti digunakan sebagai pupuk kompos, pakan ternak dan juga kerajinan tangan. Banyak yang tidak tau akan manfaat jerami, karena para petani enggan untuk memprosesnya lagi
             
            Jerami dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos yang berguna untuk menyuburkan tanah dan tidak berbahan kimia. Oleh karena itu memanfaatkan jerami menjadi pupuk kompos dapat mengurangi para petani menggunakan pupuk kimia. Jerami juga dapat digunakan sebagai pakan ternak, dari pada jerami terbuang sia sia lebih baik dimanfaatkan untuk pakan ternak. lumayan untuk meminimalisir keuangan untuk membeli pakan ternak. Jerami digunakan untuk kerajinan tangan, jerami juga dapat dimanfaat kan untuk seni kerajinan tangan sesuai dengan kreativitas petani. sehingga dapat menguntungkan untuk menambah keuangan.

0 komentar:

Posting Komentar