Minggu, 11 November 2018

KECERDASAN WIRAUSAHA

       Kecerdasan wirausaha (Entrepreneurial Intelegence) adalah sebuah pola pikir dan pola tindak yang menghasilkan kreatifitas dan inovasi yang bertujuan untuk senantiasa memberikan nilai tambah dari setiap sumber daya yang kita miliki. wirausaha (Entrepreneurial Intelegence) bukan sekedar keterampilan membangun bisnis semata, tetapi lebih dari itu, merupakan sebuah pola pikir dan pola tindak yang menghasilkan kreatifitas dan inovasi yang bertujuan untuk senantiasa memberikan nilai tambah dari setiap sumber daya yang kita miliki.
Dan juga kecerdasan wirausaha(Entrepreneurial Intelegence) adalah kreatifitas dan inovasi yang ada dalam diri kita masing-masing yang dianugerahkan Tuhan kepada setiap manusia untuk mengelola, mengembangkan, dan menciptakan nilai tambah atas setiap sumber daya (termasuk bakat, hobi, keterampuilan, keahlian, jejaring/network, modal, asset, teknologi, dan sebagainya) yang kita miliki betapapun kecilnya.
Setiap kita dapat menjadi entrepreneur yang sukses dan mencapai kemapanan financial untuk meraih semua impian kita. Setiap kita diciptakan Tuhan untuk meiliki kehidupan terbaik, serta memberi manfaat bagi sesama dan dunia di sekitar kita. Impian dan cita-cita yang besar ditambah kreatifitas yang diwujudkan dengan keberanian untuk mencoba dan melakukan (action) langkah pertama merupakan awal kesuksesan seorang wirausahawan yang sejati (bukan hanya sebatas wirausahawan yang bergerak di bidang bisnis), akan tetapi setiap orang sukses di berbagai bidang kehidupan adalah mereka yang dapat menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam hidup mereka.
Unsur-Unsur Kecerdasan wirausaha (Entrepreneurial Intelegence) merupakan ciri ciri yang dimiliki oleh pemimpin bisnis terbaik, skills (kemampuan melihat visi masa depan); ability to overcome challenges (kemampuan menghadapi tantangan); passion (kecintaan pada apa yang ditekuni dan kepedulian kepada orang lain); creativity and innovation;intelligence and clarity of thinking(kecerdasan dan kejernihan berpikir);great communication skills and excellentpeople skills (kemampuan berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain); 
 high energy level (memiliki stamina dan kebugaran fisik);demonstrate consistent strength of character (memiliki karakter yang kokoh); humble (rendah hati); inner peace(tenang dan selalu dalam kedamaian);positive attitude (sikap positif); dan focus on ‘Doing the Right Things Right’(keseimbangan antara kemampuan manjerial dan kepemimpinan).
Ciri-ciri atau karakteristik yang merupakan unsure-unsur kecerdasan kewirausahaan ternyata lebih banyak berbicara mengenai kemampuan manajemen diri dan keterampuilan berhubungan dengan orang lain (komunikasi, relasi, dan kepemimpinan) dibandingkan dengan keterampilan mengelola bisnis semata yang selama ini diajarkan dalam pendidikan kewirausahaan. Jadi, kecerdasan kewirausahaan (entrepreneur Intelegencia)sebagian besar merupakan keterampilan manajemen diri (intrapersonal) dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain (interpersonal).
Perencanaan Strategis bagi Seorang Entrepreneur
Dengan membuat ciri-ciri atau karakteristik Kecerdasan Entrepreneur (Entrepreneur Intelegencia) perencanaan strategis bagi seorang entrepreneur sudah bisa dilakukan dengan lebih baik dan sistematis. Merencanakan dan merancang masa depan merupakan bagian terpenting dari upaya kita untuk menjadi seorang entrepreneur sukses. Hal yang perlu diingat dalam menyusun rencana strategis adalah bahwa rencana tersebut harus fleksibel dan mempertimbangkan tiga hal, yaitu 1) misi hidup kita, 2) kekuatan dan kelemahan yang kita miliki, 3) serta berbagai peluang dan ancaman yang mungkin timbul dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan.
Seorang wirausahawan yang memiliki kecerdasan yang optimal akan memiliki peluang untuk mencapai kesuksesan. Setiap orang harus berani memulai atau mengembangkan bisnisnya sendiri. Hal inilah yang disebut dengan kecerdasan wirausaha atau entrepreneurial quotient (Entre-Q).Sebagian besar wirausaha yang memiliki Entre-Q selalu mengedepankan semangat dan kecerdasan setiap menghadapi tantangan, hal ini biasanya dibangun melalui pemikiran-pemikiran dari wirausahawan tersebut

0 komentar:

Posting Komentar