Minggu, 04 November 2018

SURVEI PASAR SOCAH (BISNIS KELAPA)

         Pasar tradisional yang saya dan teman teman pilih untuk proses survey adalah pasar socah. Lokasi pasar tersebut tidak terlalu jauh dari kampus saya. Saya berkuliah di Universitas Trunojoyo  Madura. Pasar tersebut berlokasi di kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Saya dan teman teman mengunjungi pasar tersebut pada hari Senin, tanggal 29 Oktober 2018. Di pasar tersebut banyak sekali penjual, ada penjual ikan, penjual kue, penjual peralatan rumah tangga, penjual kelapa, juga masih banyak lagi. Namun dari banyaknya penjual kami sangat tertarik dengan penjual kelapa. Setelah kami pilih, barulah kami mewawancarai penjual kelapa tersebut, tak lupa juga membeli kelapanya.
Penjual kelapa tersebut bernama Ibu Nurhayati yang berumur 50 tahun. Jumlah anggota keluarga ibu Nurhayati 3 orang dengan ibu Nurhayati sendiri. Suami ibu Nurhayati bernama bapak Hasan. Dari penikahannya ibu Nurhayati dan bapak Hasan dikaruniai satu orang anak yang diberi nama Titin. Titin berumur 22 tahun, dia juga sudah lulus kuliah. Ibu Nurhayati dan bapak hasan hanya memiliki seorang anak saja. Yang artinya Titin adalah seorang anak Tunggal.  Namun yang membuat saya bangga terhadap keluarga tersebut adalah ibu Titin dan suaminya dapat membiayai anaknya sampai lulus kuliah dengan menjual kelapa di pasar socah. Yang dalam pikiran saya untungnya tidak seberapa. Tapi mereka mampu untuk membiayai anaknya tersebut.
Ibu Nurhayati menjalankan usaha kelapa kurang lebih selama 20 tahun. Yang menurut saya 20 tahun adalah waktu yang lama. Dalam 20 tahun usaha yang dijalaninya menurut saya masih kurang berkembang. Perubahan yang terlihat hanya adanya mesin untuk memarut kelapa. Dengan adanya mesin tersebut usaha bu Nurhayati masih belum bisa dikatakan sebagai usaha yang maju. Harus ada inovasi inovasi baru untuk mengembangkan usahanya tersebut. dan agar kelapa tersebut tidak dijual begitu saja namun bisa dikelola dengan lebih baik lagi. Juga menurut saya yang kurang dari usaha bu Nurhayati adalah tempat usahanya yang kurang memadai. Tempat usaha yang kurang memadai akan berdampak pada kurang tertariknya pembeli. Kelapa kelapa yang tidak tersusun rapi dapat mengakibatkan kelapa banyak yang rusak bahkan busuk, tentunya itu merupakan kerugian bagi usaha bu Nurhayati.
Bu Nurhayati mengatakan bahwa dalam menjalankan usaha tersebut terdapat susah dan senangnya. Susahnya itu apabila kelapa yang dijual tidak laku karena hanya sedikit pembeli yang membutuhkan kelapa. Dan senangnya adalah apabila kelapa yang diperjual belikan laris manis, sehingga tidak ada kelapa yang tersisa. Karena jika ada kelapa yang tersisa, bisa saja kelapa tersebut rusak dan busuk hingga tidak bisa dijual lagi.  Dan Hambatan yang seringkali dihadapi oleh bu Nurhayati adalah kelapa yang rusak, namun bu Nurhayati memiliki cara terhadap kelapa yang rusak tersebut. Bu Nurhayati membuat minyak menggunakan kelapa yang rusak tersebut . Hambatan yang paling bagi pengusaha adalah apabila produk yang dijual mengalami kerusakan sehingga menurunnya permintaan produk.
Bu Nurhayati menjalankan usahanya sendiri, namun jika terdapat masalah bu Nurhayati juga meminta bantuan pada suami ataupun anaknya. Seperti kelapa yang rusak tadi, bu Nurhayati membuat minyak dari kelapa yang rusak tersebut. Setidaknya kelapa yang rusak tersebut tidak terbuang sia sia namun dapat  dimanfaatkan dengan baik. Sebenarnya bu Nurhayati ingin membuat usaha lain, namun kurangnya modal menjadi hambatannya. Rencana untuk perkembangan usaha bu Nurhayati nantinya yaitu dengan mendirikan tempat usaha yang layak. Yang mana kelapa tersebut bisa tersusun rapi, sehingga apabila tidak terjual kelapa tidak rusak ataupun busuk. Selain itu juga menyediakan beberapa tempat untuk tempat air kelapa, batok kelapa, dan daging kelapa. Sehingga seluruh bagian dari kelapa bisa dimanfaatkan. Air kelapa dapat dijual untuk diminum, batok kelapa dapat dibuat sebagai kerajinan tangan, tentunya juga daging kelapa yang selama ini dijual oleh bu Nurhayati.


Foto saat mewawancarai ibu Nurhayati
 


Foto bersama ibu Nurhayati






1 komentar:

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus