Minggu, 31 Desember 2017

PENGANTAR ILMU PERTANIAN

  • ILMU adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala gejala tertentu dibidang seni (KBBI).
  • PERTANIAN adalah sistem pengelolahan sumber daya hayati menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, dan sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya untuk keberlangsungan hidup manusia.
  • PERTANIAN SEBAGAI SENI adalah ilmu pengetahuan dan bisnis tanaman pertanian produksi didefinisikan sebagai seni, ilmu pengetahuan dan bisnis produksi tanaman dan ternak untuk tujuan ekonomi. 
  • ILMU PERTANIAN adalah disiplin ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan cara-cara manusia membudidayakan tanaman, terak, ikan dalam hubungannya dengan aspek fisik, ekonomi, dan sosial kelembagaan dalam pemecahan masalah secara luas. 
  • TUJUAN ILMU PERTANIAN adalah untuk memberi makan populasi dunia sambil mencegah masalah keamanan hayati yang mampu mempengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan. Hal ini membutuhkan manajemen yang baik terhadap sumber daya alam dan menghargai lingkungan. 
  • RUANG LINGKUP, secara garis besar, ilmu pertanian dibagi menjadi 2 yaitu ilmu teknologi pertanian dan ilmu sosial ekonomi pertanian. Ilmu teknologi pertanian meliputi ilmu iklim, budidaya tanaman, genetika, hama penyakit tanaman. Ilmu sosial ekonomi pertanian meliputi, manajemen usaha tani, ilmu pengelolahan perkebunan, ilmu ekonomi produksi pertanian, pemasaran hasil pertanian, dan sosiologi pedesaan.

0 komentar:

Posting Komentar